Tuesday, February 13, 2018

OS Ga berguna di Boot Manager, Hapus Aja!

Double Boot Ilustration - Catatan Nizwar ID
Ketika menghidupkan PC, terdapat Pilihan untuk menggunakan salah satu OS, Windows dan Linux misalnya, padahal salah satu OS itu sudah tidak berfungsi atau tidak bisa digunakan karena OSnya sudah di hapus. Hal ini bukanlah masalah, namun cukup mengganggu bukan?.

Penghapusan OS tidak semuanya bisa berjalan dengan sempurna apa lagi dengan Dual Boot, pasti aja meninggalkan jejak-jejak sistemnya, kecuali lo instal buat Primary OS, ga pake acara Dual Dualan, dan kasus ini bisa dibilang mengganggu, ya iyalah.. kadang saat lo ngidupin PC, dan PCnya lo tinggal beberapa saat, bukannya masuk ke OS, eh tu lepoy masih mentok di Boot Menu... kutil emang...

nah disinilah gue mau jelasin bagaimana menghapus salah satu Pilihan OS yang sudah tidak dipakai pada Boot menu, kusus bagi pengguna Windows, karena gw sendiri belum menguasai Linux dkk, dan kita menggunakan CMD pada Windows.

1. Masuk ke salah satu OS 

Tampilan Boot Manager - Catatan Nizwar ID
Masuk dengan Windows OS, Windows 10 misalnya. (Dalam artikel ini, hanya menggunakan Windows)

2. Jalankan CMD sebagai Admin (Run as Admin)

Run as admin CMD - Catatan Nizwar ID
Jalnkan CMD, buat yang belum tau cara jalankan Command Promt alias CMD ini, banyak sekali cara-caranya, bisa menggunakan RUN (Windows + R, lalu isi dengan CMD dan Enter) atau menggunakan Startmenu seperti gambar diatas yang caranya seperti berikut :
  • Win 7 | Start Menu > All Program files > Windows System > CMD. 
  • Win 8 & 10 | Start Menu > > Windows System > CMD.
Pastikan untuk Klik kanan CMD tersebut dan pilih Run as Admin, disini kita diharuskan membuka CMD menggunakan Hak Istimewa Administrator, dimana fungsi hanya bekerja ketika kita masuk dengan mode ini.

3. Input kode kedalam CMD

Menjalankan perintah BCDEdit - Catatan Nizwar ID
Input kode bcdedit lalu enter, maka akan keluar perintah Windows Boot Manager, Cari nama OS yang sudah tidak dipakai dibagian description, Ditutorial ini, gue akan menghapus Phoenix OS karena gue mengalami kesalahan dalam penguninstallan OSnya.

4. Salin dibagian identifier

Output Identifier BCDEdit - Catatan Nizwar ID
Salin bagian Identifier pada OS yang lo ingin hapus. tapi sebentar, cara Copynya ga kaya biasanya yang pake CTRL + C, karena di Command Prompt, CTRL + C itu termasuk sebuah fungsi, fungsi untuk menghentikan proses. trus gimana dong cara Copynya?, nah gini caranya :
  • Win 7 & 8 | Klik kanan pada lembar CMD > Mark, Klik kanan pada Teks yang sudah di seleksi dan Pilih Copy
  • Win 10 | Pilih teks CMD seperti seleksi teks biasa, Lalu Klik Enter untuk menyalin.

5. Input Kode Kedalam CMD Lagi

Pesan Sukses - Catatan Nizwar ID
Masukan kode bcedit /delete <IDENTIFIER> lalu Enter. Ubah <IDENTIFIER> dengan Identifer OS yang sudah lo salin sebelumnya, jangan salah Salin, karena bisa berakibat Fatal, OS lo bisa-bisa ga bisa ngebooting ntar.

Kalo Output CMD bertuliskan "The Operation Completed Successfully." tandanya OS sudah terhapus pada Boot menu, Selamat Mencoba dan jangan lupa berdo'a 😇😇.

Okeh Sekian Artikel gue kali ini tentang cara hapus salah satu OS yang udah ga dipake didalam Boot Manager, See Ya!

Cari dengan kata-kunci:

  • Cara hapus OS pada Boot Manager

  • Hapus OS pada Boot Manager dengan CMD Windows 10

  • Menghapus OS yang tidak terpakai

  • Boot Manager menampilkan OS Rusak

Bagikan Ke Temen-Temen mu!

Related

0Komentar