Wednesday, March 7, 2018

Buat Daftar isi makalah? Gini cara mudahnya

Hallo Kawan-kawan, gw balik lagi dong ya, disini gw mau bahas gimana caranya lo bisa bikin Daftar isi untuk sebuah Makalah atau Buku atau apalah itu yang ada daftar isinya 😎, tanpa ribet pastinya dan bikin Dokumen lu bisa lebih Rapi serta enak buat ya, disunting lagi, Revisi misalnya.

Okeh gw bikin artikel ini buat memperbaiki kekeliruan kita semua yang ngebuat Daftar Isi dengan Manual yang gw anggap, Gile Lu!. asal lo tau, sebenernya di Office, udah ada Fitur untuk membuat Daftar Isi secara otomatis, baru tau kan? iya kan 🤭?. dan fitur ini bekerja kalo lo membuat dokumen "sebagaimana mestinya" dengan memanfaatkan fitur Text Styles pada Words.

Juga untuk mengikuti tutorial gw, lu harus ikutin Struktur Penulisan di Microsoft Office, dari Title, Header 1, Header 2 (dst), Normal, Dsb. Sebab, Struktur inilah yang nanti akan otomatis tersusun oleh Fitur Pengindex-an, Tenang ga sesulit itu.

Buat Struktur Penulisan

Sebagian kite pasti rata-rata ngabaikan fungsi yang satu ini, padahal salah satunya mempermudah kita mengindex tiap halaman/tiap paragraph, jadi ya gitu, mulai sekarang gw saranin untuk biasakan Membuat struktur Dokumen lu.
Header Tools Office - Catatan Nizwar ID
Isi Lembar Office - Catatan Nizwar ID
Oh gw yakin deh.. lu biasanya kalo nulis makalah, main Tulis doang kan :v? ga merhatiin Fitur Style yang ada di Office kan?, Disana banya banget Pilihan, gw saranin ikutin gambar gw diatas aja, trus gunakanTitle untuk Judul Makalah Lo, bukan tulisan Bab 1, Bab 2, dsb (Ini seharusnya Menggunakan Header 1).

Periksa Urutan Struktur

Oh iya, Periksa urutan struktur nya dengan munculin Navigation Panel (Panel Navigasi), yang ada di View > Shows > Navigation Panel (dibawah Gridlines).
Header Menu View - Catatan Nizwar ID
Maka akan muncul Jendela seperti ini 
Tampilan Navigation Menu - Catatan Nizwar ID

Pembuatan Daftar Isi

Okeh, Lanjut, setelah ini buat Page baru diurutan ‘Daftar Isi’ pada normalnya, seperti biasanya (Atas Setelah Judul), nah setelah itu buka Tab Referance > Table of Contents Lalu pilih Automatic Table 1 (atau 2), dan Voila 😎. Daftar Isinya udah Munculkan? Ubah aja Table of Content nya dengan kata Daftar Isi atau terserah 😂. 
Header Office menu Reference - Catatan Nizwar ID
Isi Menu Table of Content Office - Catatan Nizwar ID
Eng Ing Eng... Dan Begini Hasilnya 😎😎. 
Hasil Daftar Isi Otomatis Office - Catatan Nizwar ID
Catatan : Semental-mentalnya lu ga ngerti sama artikel gw, jangan PERNAH membuat Daftar isi dengan menulisnya manual trus nambahin “.” (sebagai garis kek diatas) dengan cara yang juga Manual, why u waste ur time for stupides thing like this 🤣?, seengga nya gunain Manual Table (Dari pilihan yang ada Automatic Table 1, 2) lu tulis dah sebego begonya 🤣 (yang baper sama blog gw, kelaud aja sana 🤣🤣 wokwokwok #damai).

Sekan artikel gw kali ini 😎, Semoga bermanfaat, dan ini Murni Blogspot yang gw kasi Domain, apapun tingkatan lu jan gengsi belajar disini ya 😅, gw juga dapet info dari orang-orang keren kok, dan satu lagi… jan kebaperan lah ambil yang positif nya aja 😎 wokwokwok, See ya!

Cari dengan kata-kunci :

  • Membuat Daftar Isi Paling Mudah

  • Daftar Isi otomatis di Microsoft Word.

  • Buat Daftar Isi Makalah termudah.

  • Cara menggunakan fitur style text dengan baik dan benar

Bagikan Ke Temen-Temen mu!

Related

0Komentar