Monday, February 19, 2018

PC Lemot saat Rebuild File IDM, Atasi Dengan Cara Ini!

Ilustrasi IDM - Catatan Nizwar ID
Pasti lo pernah pake IDM, setelah prosesnya 100%, aplikasi akan melakukan sebuah Proses yang memakan banyak sumber disk/proses disk. hal itu buat Lepi Lemotnya minta ampun, itulah saat-saat menyatukan file yang telah diunduh dalam banyak tread, hal ini emang bikin lepi kita lemot apalagi buat lo pengguna HDD (upgradelah ke SSD biar kenceng).
Penggunaan DISK Task Manager  - Catatan Nizwar ID
Untuk pertama, gw mau ceritain gimana cara kerja nih Software, jadi Gini, IDM memisahkan unduhan kebeberapa Part (bisa 1,2,8,16,32 Potongan) sehingga proses pengambilan datanya "berbarengan" (dalam potongan) (saat Download) sehingga kecepatannya akan bertambah kencang.

namun karena file diambil berupa potongan-potongan, tentunya setelah mengunduh, potongan tersebut di satukan, Nah disinilah proses Rebuild berlangsung, dimana hampir keseluruhan sumber daya HDD lo di gunakan buat menyatukan file tersebut, jangan heran PC akan terasa lemot saat memasuki tahap ini, apalagi buat lo pengguna HDD dan kecepatan rw nya kisaran 32Mb/s, behhh lemottt pasti.

Sama halnya kita ketika mau ngirim barang, anggap aja kita mau ngirim/mindahkan sebuah "Panggung Konser" dari 1 tempat ke tempat lain dimana panggung tersebut telah dirobohkan kebeberapa bagian (anggap saja 8 bagian) dan siap untuk dipindahkan, lalu kita punya 8 Mobil truk sebagai pengangkut, pastinya panggung tersebut dibawa melalui truk-truk yang disediakan, jadi pengiriman panggung tersebut dilakukan dengan 1x jalan tanpa ada gangguan, lebih cepet kan? tapi lebih memakan banyak proses dan biaya!. nah setelah sampai ke lokasi yg dituju, mulai tuh membongkar dan memasang panggung tersebut. prosesnya pasti lama.
Ilustrasi Cara Krja Multi Thread IDM - Catatan Nizwar ID
Untuk menghindari Corrupt, IDM memisahkan koneksi tersebut dengan mengambil data yang sama (Selama Server unduhan ga mati atau berubah) itu pun kalo servernya mendukung Multiple File Stream (Pengambilan File dari beberapa arah), jadi ya gitu deh, kemungkinan Corrupt IDM sangat kecil, namun kadang ada yang ga mendukung MFS jadi ga bisa pause, resume dan juga ga bisa memisahkan file untuk diambil.

Lalu dengan analogi Pentas Konser dan Truk, lu pasti bertanya, gimana kalo ngangkut Panggung Konsernya itu dengan 1x Jalan tanpa Membongkar dan Memasang lagi aja. nah disini udah sampe solusinya. iya ga?, tapi dengan catatan resikonya lebih besar, kalo pun konser tersebut dalam keadaan utuh diangkut kesebuah mobil (ilustrasi dibawah), tapi dalam konteks yang lebih besar, dimana panggung itu kaya gambar dibawah tanpa ditutup lalu dibawa dijalanan. apakah itu menjamin keutuhan panggun tersebut? lah enak kalo panggungnya kecil, kalo segede GBK #eh, 
Ilustrasi Cara Kerja Mono Thread IDM - Catatan Nizwar ID
Tentu akan memakan proses yang cukuuup lama, belom lagi hambatan dijalan, atapnya tanggal/terbang, atau ada barang jatoh, mic pecah atau supirnya mual mual... bakal ribet kan? walaupun disini Panggung tersebut dibawa sekali jalan, dan ketika sampai, ga perlu bongkar pasang, tinggal kasi aja "Nih panggung", tapi lo lebih milih mana? angkut panggung per-bagian apa langsung angkut aja?.

Solusi 

Untuk Solusinya pada IDM, gunakan cara berikut.

1. Buka IDM lalu pilih Menu Downloads > Options

Ini untuk membuka menu Pengaturan/Pilihan (Option) pada IDM.
Masuk Menu Option IDM - Catatan Nizwar ID

2. Masuk ke Tab Connection 

Masuk ke Tab Connection dan atur Default max. conn. number dari 8 menjadi 1 seperti berikut
Ganti Setting Max Connection IDM - Catatan Nizwar ID
Selesai. Udah gitu aja 🤣, intinya semakin besar Jumlah Koneksi yang lu setting, semakin cepat pula pengambilan datanya tapi semakin lambat saat lo masuk ketahap Menyatukan File yang terpisah tadi (Cocok buat download lagu, atau file yang ukuran dibawah 1GB). sebaliknya, semakin kecil koneksi, pengambilan datanya semakin lemot tapi pada tahap Menyatukan File akan terasa cepat, bahkan kalo lu setting 1 aja, ga ada tahap tersebut (Cocok buat koneksi cepat yang download file berukuran Gede).

Sekian dululah artikel gw yang ini 😎, gunakan dengan bijak biar lepi lu ga amburadul pas lagi kerja 🤭. okeh bye!
Artikel ini gw tulis dari pemahaman yang Alm. Guru gw tercinta berikan saat masih SMK dulu, Makasih Pak 😇 God Bless You and Rest in peace.

Cari dengan kata-kunci :

  • Cara kerja IDM.

  • Mengapa IDM Lemot saat persen ke 100%.

  • IDM Lemot saat appending all downloaded part.

  • Mengatasi lemot IDM.

  • Trik IDM mempercepat koneksi

  • Internet Download Manager

Bagikan Ke Temen-Temen mu!

Related

5Komentar

avatar

Gan stuck terus pc gw. Terus gw restart apakah masih ada file yg sudah download nya?

Balas
avatar

Kalo stuck saran saya jangan direstart gan, File bisa korup trus HDD bisa bermasalah, saran saya sih, hentikan aktifitas pas proses download udah 95% keatas

Balas
avatar

Gan mau nanya kan w dah download sampe 100%,jadikan auto rebuilding nah pas setengah jalan rebuilding tuh "an error occurred during download"itu cara ngatasinnya gimana?

Balas
avatar

itu biasanya terjadi kalo IDM gabisa nemuin server yang lagi didownload (biasa ada beberapa situs yg cuma nyediain link aktif beberapa jam), dan 100% itu belum bener-bener masuk ketahap build (bisa dilakukan offline), coba salin Linknya bro, cek di browser, bisa diakses apa engga, lalu coba klik kanan > Refresh Download Address, IDM otomatis bisa ngelanjutin download yang gaggal itu.

Balas