Thursday, July 19, 2018

siBento Ala Gus Muwafiq

Gus Muwafiq Istimewa - Catatan Nizwar ID
Selamat siang para, kembali gue hadir disini dengan mengulas sesuatu yang menurut gue Hebat dan Menginspirasi, yaitu Ungkapan dari seorang yang sangat gue kagumi, yaitu Gus Muwafiq tentang Bento.

Sedikit tentang Gus Muwafiq yg gue dapet dari berbagai sumber, beliau adalah sosok Pendakwah yang inspiratif, teduh, humoris, sangat jarang mencaci maki, dan anti radikal... Pembawaannya yang Santai itu memberikan Ciri-Khas tersendiri kepada dirinya.. Penyampaian beliau pun mudah dicerna oleh kaum Awam dan Anak muda seperti gue huehuehue....
Ilustrasi Iwan Fals : Kok bawa judul lagu gue? - Catatan Nizwar ID
Iwan Fals : Kok bawa-bawa judul lagu gue?
Kali ini gue tertarik dengan Ungkapan beliau tentang "Bento", gue sendiri ngga tau artinya, apa kepanjangannya? dsb... yang ada dibenak hanya Lagu Iwan Fals yang membicarakan Politikus Rakus 😅 atau makanan Khas Jepang #Plak, tapi tidak..... kali ini bukan Bento yang itu... 

Apa itu Bento yang sebenarnya?

Bento merupakan Dialeg Muria berasal dari Pantai Utara Timur, yang artinya "Orang Gila", Gus Muwafiq menyematkan gelar Bento ini kepada para Mualaf yang menceritakan Keburukan Agama mereka sebelumnya. padahal mereka dulunya bukanlah siapa-siapa, bukan seorang Tokoh Agama, hanya jema'ah seperti biasa. tapi ketika Pindah Agama Lain, mereka justru menjelek-jelekan keyakinan ia sebelumnya, maka dari itu Kita (Sebagai sodara Agama barunya) Kenal Agama-nya yang lalu hanya tentang Kejelekannya aja.. itu berdasarkan dari pemahaman mereka yang sepotong-sepotong (ya namanya juga orang sakit hati), kurang lebih seperti itu 😅.

Para Bento ini Lebih Eksis dari pada Tokoh Agama?

Ah.. Salah masukin gambar nih gue, ga Pas banget padahal - Catatan Nizwar ID
Salah gambar ini gue, ngapain juga coba sifelix disandingin sama Habib Luthfi 😅

Nah kenapa sih? para Bento-bento ini lebih Eksis dan lebih Dipercaya daripada Tokoh Ulama?, misalnya seorang Felix Siauw, lebih Eksis dari Ulama A atau Ulama B, bahkan ketika seorang Felix Siauw menghina Ulama-Ulama, pendukung Felix justru mengAmini? dan memilih membela beliau ketimbang Ulama yang dihina?. (mau bantah? sudah, terima saja... seperti itulah kenyataannya...)

Baca Juga : Belum Syar'i kalo ga tau istilah ini

Nah disini gue melihat fenomena orang Indonesia yang gemes-gemesin, mereka menggunakan Pola Pikir "Jika dia Pindah Agama, Berarti dia dapat Hidayah dari Tuhan", karena Pola pikir tersebut, apapun yang mereka (Bento) katakan akan "Terasa Benar", bahkan mereka (Umat Bento) tau itu tidak sepenuhnya disetujui oleh Tokoh Agama Idola "Mereka" sendiri, pengetahuan yang Dangkal ini sangat membahayakan dirinya, orang lain, bahkan Umat 'atau' Tokoh Agama yang.. ehem, dari awal sudah memiliki paham yang sama (Ya Kali.... orang Keturunan Tionghoa masuk Agama Islam dan Gembar-gembor, ikut ngomongin Arab dan ngehina tempat dia berpijak, kan gajelas jadinya.. tapi banyak yang percaya.. itu gilanya 😅😅)...

Ciri-Ciri Bento!

Terus, apa sih ciri-ciri Bento yang gue tangkap dari pernyataan Gus Muwafiq? ya... bisa dibilang...
  1. Mereka yang Menjelek-jelekan Agamanya terdahulu (padahal waktu itu dia bukan Tokoh Agama).
  2. Menolak paham yang sudah ada dan disepakati Tokoh Agama barunya.
  3. Merasa dirinya paling pintar dan paling benar, yang lain bego dan sesat semua.
  4. Gagal membedakan Baik dan Buruk.
  5. Tidak jelas asal usul ia belajar Agama.

Berikut pernyataan Gus Muwafiq tentang Bento yang gue jadiin Referensi artikel ini.

Seorang Gus Muwafiq - Catatan Nizwar ID
Gus Muwafiq saat Kirab Santri Diponegoro
“.. Contonya seperti Felix Siauw, ia itu saat beragama Kristen bukan Pendeta, hanya pengikut gereja biasa .. begitu pindah Islam, disuruh pidato, akhirnya pidatonya ini berisi pengetahuan yang sepotong dalam agama lamanya… Hasilnya malah menjelek-jelekan Kristen dan Katholik di mimbar Orang Islam!, dan Akhirnya kita diberi Gambaran Agama Nasrani dari orang-orang yang putus asa seperti mereka!”

“…ada lagi Abdul Aziz yang dulunya beragama Hindu, dulu di hindu dia bukan Tokoh Agama, tiba-tiba begitu masuk Islam, dia berpidato tentang agama Hindu, Akhirnya kita dapat gambaran Hindu ya dari Bento seperti mereka, Tahlilan itu ajaran Hindu, Selamatan 7 harian dibilang Hindu semuanya Hindu, padahal Imam Ahmad ibn Hambal saja mengatakan Cobaan terhadap Mayit itu 40 hari pertama sangat luar biasa, dikiranya bagaimana? dia kira semua Hindu… Yang begitu kok suka disuruh berpidato di Masjid orang Islam, Akhirnya gambaran orang Hindu yang kita tangkap, didapatkan dari orang-orang Bento seperti itu..”

Ada pernyataan beliau yang buat gue tertegun….

“Inilah penyebab Umat sulit hidup rukun, karena Kita atau Mereka dapat Gambaran Agama orang lain dari Orang yang Sakit Hati”

Baca Juga : Wisata Sejarah Keraton Alwatzikoebillah, Istana Kuning di Bumi Terigas!

Disini gue ga hanya bermaksud membagi kan ini untuk Umat beragama Islam saja!, tapi juga untuk Semua Agama, sesuai kelanjutan kata Gus Muwafiq, "Mereka yang Nasrani begitu juga!, Suruh Orang Islam yang pindah ke Agama mereka berpidato di Gereja, yang ada mereka (Umat Kristen) Tau Islam dari orang-orang Bento itu!", jadi Berhati-hati sama orang-orang Bento ini 😊, jangan mudah terprovokasi dan percaya begitu saja!.

Okeh sekian Ulasan gue tentang siBento Ala Gus Muwafiq, moga nukilan pendapat beliau dapat menginspirasi kita semua, huehuehuehue... 

Cari dengan kata-kunci :

  • Apa itu Bento, menurut Gus Muwafiq.

  • Nukilan Ceramah Gus Muwafiq.

  • Gus Muwafiq.

Bagikan Ke Temen-Temen mu!

Related

0Komentar