Sunday, July 15, 2018

Wisata Sejarah Keraton Alwatzikoebillah, Istana Kuning di Bumi Terigas!

Sambas! kali ini gue dan temen-temen pergi ke Kab. Sambas, tetetetet..... tepatnya di Keraton Alwatzikoebillah (bacanya pelan-pelan)... ya Keraton megah berwarna kuning dengan Cermin Raksasa ini jadi tempat Tujuan kami dibumi Terigas yang kece ini 😍.

Baca Juga : Jalan-jalan kuy ke Bukit Jamur

Sejarah Keraton Alwatzikoebillah

Sebelumnya mari kita bahas sedikit tentang Keraton Ini, Keraton Alwatzikoebillah didirikan Tahun 1933 (77 tahun sebelum gue lahir 😅) tepatnya diantara pertemuan 3 sungai, Sui. Subah, Sui. Sambas Kecil, Sui. Teberau, Keraton ini menghabiskan biaya 65.000 Gulden yang dibangun selama 2 Tahun (1933-1935) dan ditempati oleh Sultan Muhammad Mulia Ibrahim di keraton ini ada 2 Gapura dimana Gapura luar sebagai gerbang masuk pekarangan Istana dan Gapura dalam sebagai gerbang masuk menuju Istana.

Foto Foto

1 / 2
Gapura Luar Istana Keraton Sambas - Catatan Nizwar ID
Gapura Luar Istana Keraton Sambas - Catatan Nizwar ID

Perjalanan

Kembali dengan cerita gue yang jauh-jauh dari Istana Amantubillah (eak eak eak), ngga.. maksudnya dari Mempawah, kita menempu waktu sekitar 3 Jam (7-10 pagi) dengan kondisi jalan relatif sepi (gatau pengendara lain pada kemana) dengan kecepatan 40Km/jam (detail amat 😂😂), tapi serius lelah dijalan terbayar dengannnn..... BUBUR PEDAS! sungguh merugi mereka yang kesini ga nyicip kuliner khas Sambas ini 😍😍😍. etetetet tenang!, gaperlu susah-susah cari kuliner ini... sudah ada Pondok Rumah-Makan dipekarangan Istana.

Foto Foto

1 / 2
Pondok Rumah Makan Bubur Pedas - Catatan Nizwar ID
Pondok Rumah Makan Bubur Pedas - Catatan Nizwar ID

Masjid Jami' Sultan Muhammad Syafi'oeddin

Ga hanya Keratonnya, Sambas juga terkenal akan Masjid Jami'nya, Masjid yang terletak diperkarangan Istana ini juga memberikan warna khas bagi Sambas, konon Masjid ini  merupakan Rumah dari Sultan Umar Aqomuddin dimasa pemerintahannya, lalu di Renovasi sama Putranya sendiri sang Sultan Muhammad Saifuddin dan dikembangkan menjadi Masjid, jadi bisa dibilang Masjid Jami' ini penuh dengan sejarah kechee 😘😘.

Baca Juga : Rindu Sama Alam? Ke Tanjung Bajau Aja

Foto Foto

1 / 4
Masjid Jami Keraton Sambas - Catatan Nizwar ID
Masjid Jami Keraton Sambas - Catatan Nizwar ID

Simbol Keraton Alwatzikoebillah

Saat berada di pekarangan keraton lo juga bakal ngeliat 3 Meriam yang mengelilingi tiang kapal, serta tancapan 4 tiang menyerupai api unggun (maksa ngecucoklogi), yang mana susunan tersebut memiliki filosofi tersendiri seperti 3 Meriam melambangkan 3 Buah Sungai sekitar istana yang harus dijaga, 4 Penyangga melambangkan Wazir (Menteri Pembantu sultan) serta 2 Tiang penyangga yang melambangi Ulama dan Khatib pendamping sultan 😍😍😍😍.

Foto Foto

1 / 3
3 Meriam Perkarangan Istana Sambas - Catatan Nizwar ID
3 Meriam Perkarangan Istana Sambas - Catatan Nizwar ID

Istana Alwatzikoebillah

Saatnya masuk ke dalam istana, ada apa aja? huahahaha disini gue gamau lampirkan foto isi keraton tersebut, karna kalo lo mau tau! lo datengin sendiri lah wkwkwk 😂, tapi serius saat didalam gw lebih memilih menikmati semuanya dengan mata, tanpa buka kamera, bukapun cuma foto-fotoin temen temen gue 😅, jadi gue lampirkan foto diluarnya aja ya 😎😎

Baca Juga : Air Terjun Batu Timah, Riam kok Prosotan?

Foto Foto

1 / 4
Keraton Alwatzikoebillah Sambas - Catatan Nizwar ID
Keraton Alwatzikoebillah Sambas - Catatan Nizwar ID

Pulangnya dari Istana Sambas ini, kita langsung ke Pantai Kura-Kura (Singkawang) buat ngademan huehuehue... lokasi ini juga yang sebenernya mau gue buatin artikel tersendiri, tapi.. bahan jepret-jepret gue galengkap 😂😂😂. maka dari itu sekian artikel gue kali ini huehuehue... See Ya!
Selfie Dulu - Catatan Nizwar ID

Cari dengan kata-kunci :

  • Keraton Sambas

  • Keraton Alwatzikoebillah

  • Wisata Sejarah Sambas

  • Destinasi Wisata Sambas

Bagikan Ke Temen-Temen mu!

Related

0Komentar