Monday, August 13, 2018

Kematian Menurut Seorang Sujiwo Tejo dan Dunia Wayangnya

Ngawur Karena Benar Sujiwo Tejo - Catatan Nizwar ID
Sudjiwo Tedjo, Seorang Budayawan keren yang bernama asli Agus Hadi Sudjiwo ini terkenal dengan julukan Presiden Jancukers. siapa yang ga tau coba? belum lagi keahliannya dalam dunia Seni dan Sastranya, Bermain musik, Melukis, Acting, Sutradara, Komikus, dsb sepertinya udah jadi makanan beliau sehari-hari.

Ada kalimat paling gue demen dari mulut seorang Sudjiwo Tedjo, yaitu tentang Kematian. Siapa sangka, Kematian yang menurut kita identik dengan Duka Cita dan kesedihan mendalam memiliki arti dan filosofi tersendiri dari beliau yang mungkin bisa menyadarkan kita dalam segala hal.
Sujiwo Tejo - Catatan Nizwar ID
Menurutnya, kita sebagai manusia untuk tidak terlalu meratapi kepergian seseorang, (kalo perlu gausah diratapi.. "biasa aja"), memang jika di telaah, kalimat itu bisa menjadi Kontroversi apalagi bagi mereka yang ditinggalkan oleh orang-orang yang sangat disayangi.
Ya.. Aku bisa bahasa arab dikit-dikit, dari kalimat Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, ga ada disitu maksud untuk berduka cita... itu ga ada...
Beliau juga konon kurang atau mungkin tidak suka dengan Ungkapan Belasungkawa atas dasar Duka Cita, jikapun seseorang itu ditinggalkan kita sebagai manusia cukup berucap "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un" (Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali) dimana menurutnya, dari kalimat tersebut tidak ada satupun maksud untuk berbela sungkawa
Atas dasar apa hidup itu tidak berduka cita? Justru kehidupan ini Duka Cita, Mati itukan bisa langsung bertemu dengan-Nya
Sujiwo Tejo - Catatan Nizwar ID
Etetetetet..... Pemikiran itu bukan hanya di ungkapakan tanpa alasan, bukan Sujiwo Tejo namanya jika beliau berkata tanpa Ide dan Pemikiran yang Hebat!, beliau mengatakan hal serupa dikarenakan takut perkataan dan rasa duka cita itu membuat manusia takut akan kematian sehingga lebih mementingkan Dunia.
Kalo orang mati dikasi duka cita, orang jadi takut mati semua, kalo orang takut mati, mereka jadi memuja hidup dan takut dengan kematian.
Menurutnya, itu adalah hal kecil yang membuat orang-orang lebih memuja Hidup dan menambah ketakutan akan kematian karena mereka akan berpikiran bahwa Hidup itu dalah sesuatu sementara  Kematian itu adalah Duka Cita.
Kenapa orang mengejar kekayaan? karena mereka memandang hidup ini sesuatu sementara kematian adalah Duka Cita.
Sujiwo Tejo - Catatan Nizwar ID
Lalu beliau menceritakan tentang kematian di dunia Wayang, dimana saat tokoh-tokoh itu akan saling membunuh mereka tidak akan mengancam musuhnya dengan Kematian melainkan menawarkan Kesempurnaan.
Didalam Wayang orang kalo mereka mau membunuh, mereka akan bilang "Aku mau menyempurnakanmu, karena kamu terbebani hidup didunia ini"
Dari ungkapan-ungkapan beliau, gabisa gue bayangkan elegannya Dunia seorang Sujiwo Tejo yang bisa membuat ia hadir seperti saat ini, WOW aja...

Okedeh Semoga dari semua kutipan - kutipan beliau yang gue jadikan materi artikel gue kali ini bisa menambah wawasan kita tentang kematian dan menyemangati kita untuk semakin giat dalam mempersiapkan diri menghadapi kematian kelak, Sekian Artikel gue kali ini... See Ya!

Cari dengan kata-kunci :

  • Kutipan Sujiwo Tejo.

  • Apa itu Kematian.

  • Filosofi Kematian.

  • Ide dan Pemikiran Sujiwo Tejo.

Bagikan Ke Temen-Temen mu!

Related

0Komentar