Thursday, August 16, 2018

Kenali, Cegah dan Atasi Ancaman Virus Ransomware!

Ransomware merupakan salah satu Virus yang pernah eksis pada Tahun 2017, Virus ini tidak mengancam keamanan Sistem pada OS lo, tapi mengancam Data-Data penting yang nantinya akan di Encrypt (Diacak) oleh virus ini, lalu pembuat Virus akan meminta Tebusan Uang untuk mengembalikannya.

Walaupun hanya Eksis pada tahun 2017, pada tahun ini (2018) pengembangan Virus itu masih dilanjutkan, banyak sekali nama-nama jenis Ransomware yang ada, namun yang lebih terkenal dikalangan masyarakat Indonesia adalah virus Ransomware Wannacry (Pengen Nangid), 
Sesuai dengan namanya, virus ini bener-bener bikin korban Pengen Nangid 😥, apalagi data-data pentingnya seperti Proyek Kodingan, Proyek Skripsi (Mahasiswa auto gila kalo kena), Proyek Rentan lainnya, cukuplah dengan Data yang kena kejadian "PC Mati + Lupa Safe + Ketikan sudah sampe Halaman ke 184" 😥😥.

Jujur dan Alhamdulilah gue gapernah kena Virus yang rentan kaya gini, apalagi di Lepi banyak banget Data-Data Penting yang haduu sayang banget kalo sampe kena Virus Laknat ini, tapi yang punya ini virus emang Pinter, target mereka adalah Instansi Pemerintahan (Kepemerintahan disini pernah kena 😂, bikin sayembara yg bisa decrypt dapet duid jutaan, walaupun gada yg bisa).

Okeh meskipun belakangan virus ini udah semakin sedikit, dikarenakan perusahaan-perusahaan AntiVirus ternama mulai bekerja ajib-ajiban juga beberapa Pembuat Virus yang mulai Tobat 😂, apa salahnya jika kita sedikit waspada dengan trik-trik yang akan gue sampaikan dibawah, tapi sebelum itu kita kenalan dulu sama ciri-ciri  Virus ini, okeh langsung saja.

Kenali Ciri-Cirinya

Saat terkena virus ini, PC kita akan mengalami kejanggalan-kejanggalan, ga seperti virus-virus lainnya yang menyerang sistem komputer,yang biasa nongolin Shortcut atau manipulasi Registry dan menduplikat dirinya kedalam device lain, tapi ransomware lebih kearah mengacak Data-Data korban, seperti File Microsoft Word, Excel, Powerpoint, dan file-file mainstream lainnya

Nama-Nama File yang Janggal

Ciri-cirinya juga bisa kita lihat dari nama-nama file, misalnya nama file tersebut otomatis berubah menjadi tulisan Aneh (yang tidak bisa dibaca) atau hanya sekedar penambahan kata ".crypt", "caber3", dll. lalu saat file itu terbuka yang tampil hanyalah pesan Aneh yang meminta lo menebus uang sekian juta, jika ini sudah terjadi, berarti lepi lo fix kena virus ini.

Berubahnya Wallpaper

Nah virus Ransomware biasanya mengubah wallpaper pengguna lepi dengan gambar-gambar gajelas, biasa gambar dengan tulisan ancaman / peringatan, abstrak, dan lain-lain. tapi sebelum mengambil kesimpulan kalo tuh lepi kena ransomware, cek dulu dengan trik sebelumnya atau dibawah, siapa tau wallpapernya berubah dari temen lo yang iseng 😂.

Pop Up Aplikasi Aneh dengan Pesan-Pesan penyandraan

Munculnya aplikasi-aplikasi yang terbuka otomatis dengan pesan yang Bisa dibilang "pesan-pesan penyandraan", ya gimana engga, semua data kita tidak bisa dibuka kecuali harus bayar dulu, lucunya dibeberapa virus ransomware juga mendukung pesan bahasa Indonesia, niat amat yang bikin 😥, dan bayar penebusannya paling murah 4 Jutaan.

Cara Mencegah Kerugian Ransomware

Bisa dibilang kerugian yang ditimbulkan virus ini ga cuma materi, tapi juga bisa mental kita, yakali lo ga gila kalo file yg di encrypt itu dokumen rahasia pemerintah ato skripsi tugas akhir revisi yang paling fix 😂, maka dari itu untuk mengantisipasi kerugian tersebut, pastikan lo ikutin trik gw.

Rajin Backup Data Penting dengan layanan Cloud Storage.

Tips dibagian ini penting banget nih, dimana setelah ngerampungin sebuah pekerjaan penting, pastikan File itu ga cuma ada di PC lo, gunakan layanan Penyimpanan Online untuk membackup agar sewaktu-waktu PC lo ada masalah, lo bisa ambil data itu dari layanan yang dipake.

Update Sistem PC.

Nah dikarenakan serangan ini, pengembang-pengembang diDunia Keamanan bergerak sigap untuk menanggulangi ini, banyak sekali Update-Update terbaru mau itu dari Sistem Operasi, Antivirus, Sistem Keamanan lainnya, pastikan PC lo selalu Up To Date!.

Jangan Asal Klik Link dari Web dan Email

Penyebaran virus ini melalui link-link yang bertebaran di internet, kita harus bisa mewaspadai link yang bersifat memancing (ngebait), misalnya ada seri Game atau Movie yang ga lazim, barangnya belum rilis, linknya udah ada ae, nah ini yang harus diwaspadai jangan main download aja, juga ada yang melalui Email-Email kaya yang tejadi di Pemerintahan gue (tau dari temen magang disana), mereka dapet Email yang katanya isi hal yg penting, eh ternyata itu Ransomware 😥, asw emang.

Cara Penanggulangan

Buat lo yang udah terlanjur kena virus ini 😥 (turut berduka cita), jangan terlalu panik, kalo mau panik ya sekedarnya aja, dan Jangan Pula Membayar Tebusan Itu! kenapa? Pemerintah dan Pakar-Pakar IT menghimbau untuk ga bernego dengan Pembuat Ransomware, sebab dengan memberi mereka uang Tebusan, sipembuat Virus akan makin menjadi-jadi juga tidak ada jaminan File kita benar-benar bisa dikembalikan, (bisa jadi Virusnya masih Bug) yang ada PC kita menjadi lebih parah dari sekedar kena Ransomware!.

Untuk penanggulangan dari trik gw juga tidak menjamin Data lo kembali, tapi lebih ke "Apa yang seharusnya lo lakukan saat kena ransomware".

Jangan Terhubung Internet

Ini bahaya bet, jangan terhubung ke internet, sebab ransomware bisa aja mengunduh hal-hal yang bersifat Scam lainnya, yang buat lepi lo makin parah dan sulit di decrypt (dikembalikan).

Backup Data yang Terencrypt

Backup data-data yang terencrypt ke sebuah Flashdisk atau Hdd External, simpan file-file terencrypt itu sembari menunggu Pakar-pakar keamanan IT memecahkan Algoritma Ransomwarenya, ato minimal pembuat virus itu Tobat dan membagikan Kunci atau Patch decryptnya secara cuma-cuma, hal ini bukan tidak bisa terjadi, karna udah ada beberapa kejadian 😂.

Pentengin Forum Antivirus

Setelah terkena virus ini lo lebih baik pentengin forum-forum antivirus ternama, bisa Forum Smadav, forum Avira, forum Kaspersky, biasa korban-korban kekejian virus ini berkumpul disana dan ga jarang juga ada yang ketemu penawarnya, seperti Caber3 udah bisa di Decrypt dengan mengunduh Patchnya, dll.

Kenali Jenis Ransomware yang menginfeksi dan cari Decryptornya

Ini juga berhubungan dengan trik diatas, tapi sebelum ke Forum tersebut, pastikan lo tau, minimal tau nama dari virus yang ngejangkit Lepi lo, biasa bisa ketauan dari Pesan Sandra, Tulisan di Wallpaper atau Extensi dan cirikhas Nama File yang diubah, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang virus Ransom yang menginfeksi, lalu cobalah cari penawarnya, dengan kata kunci "Decryptor Ransomware <Nama Virus Ransom>", biasa sudah ada penawarnya melalui Forum Antivirus tadi atau Situs Hacker pembuat nih Virus yang mulai Tobat 😂.

Okeh begitulah pandangan Kenali, Cegah dan Tanggulangi Virus Ransomware ala gue, memang ngga terlalu berpengaruh sama lo yang udah jadi Korban, tapi seengganya gw harap bisa menambah Wawasan lo yang kena wkwk... minimal Tau tentang Ransomware ini biarpun hanya sedikit, okeh sekian Artikel gue kali ini, See Ya ! 😘

Cari dengan kata-kunci :

  • Cara cegah Virus Ransomware Wannacry

  • Mengatasi virus Ransomware paling ampuh

  • Jenis-jenis Ransomware

  • Apa itu Virus Ransomware?

  • Apa itu Wannacry?

  • Virus yang mengacak-acak data User

Bagikan Ke Temen-Temen mu!

Related

0Komentar