Tuesday, November 13, 2018

Ketahui Dulu Sebelum Upgrade SSD Biar PC Makin Kenceng

Boneka Membersihkan HDD - Nizwar ID

Solite State Drive yang biasa akrab disapa SSD, ialah Perangkat Penyimpanan yang menggunakan Rangkaian Integrated Circuit (IC) sebagai media memori utama untuk menyimpan data dan informasi, inilah yang membuat SSD jauh lebih kenceng dalam peforma Membaca / Menulis data (Read/Write).

Ga seperti pendahulunya si HDD (Hard Disk Drive) yang menggunakan piringan dan gerakan secara mekanik untuk melakukan operasi R/W (Read/Write) a.k.a melakukan penyimpana/ membaca data, SSD menggunakan pergerakan Elektrik yang membuat SSD memiliki peforma yang lebih unggul.

Mudahnya, HDD hanya bisa melakukan RW kira-kira sekitar 32-64Mb/detik sementara SSD bisa melakukan RW sebesar 300-500++Mb/detik, gila ga? dan karena peforma penyimpanan yang 20x lebih kenceng ini, lo bakal merasakan hal-hal berikut

Keunggulan Menggunakan Solite State Drive (SSD)

1. Booting lebih cepat

karena proses RWnya yang super kenceng, hal ini sangat terasa, dimana biasanya lepi gw booting bisa sekitar 15-30detik, dengan SSD ga sampe 5 detik udah nongol ae Desktopnya. 😲

2. Proses Memindai dan Mencari File lebih cepat

Gausah heran sama peforma aplikasi pemindai lo yang super kenceng, itulah yang terjadi kalo lo pengguna SSD. 😚

3. Ga Ada Suara Noise / Berisik

mungkin dibeberapa kasus lo denger suara berisik dari lepi atau PC lo (ini ceritanya suara HDD yang lagi ngelakuin sesuatu), apalagi saat menyalin file, nah dengan menggunakan SSD, suara itu ga akan ada lagi.

4. SSD Menghemat Listrik

Dibeberapa sumber gue baca, SSD bisa menghemat listrik, cocok buat lo pecinta PC, apalagi PC Rakitan.

5. Pemuas Dahaga bagi Android Developer 😂

Nah ini kerasa banget, sebelumnya gw paksain ngembangken aplikasi dengan spek Ram 4GB dan masih make HDD, alhasil frustasi mulu setiap proses Gridling dimulai (ceritanya ini saya make Android Studio), semenjak Upgrade SSD sama nambah Ram 4GB, lancar wuz-wuz-wuz.

nah dari efek-efek keunggulan penggunaan SSD diatas, tentu ga terlepas dari kekurangannya juga, dan ternyata HDD punya sedikit keunggulan 😂, apa aja itu?

Kekurangan Menggunakan SSD

1. Jauh lebih mahal dari HDD

Murah dan mahal itu relatif sih, karena kata seorang mastah, "Ga ada barang yang mahal, kamu aja yang miskin" 😂 (sumpah bukan kata saya)... tapi itulah adanya, SSD relatif lebih mahal buat mahasiswa kek saya 😥.

2. Umur SSD Lebih Pendek

Gatau deh kenapa, gw liat dari beberapa sumber, Umur SSD lebih pendek ketimbang HDD meskipun cara pemakaiannya relatif sama, ga tau juga sih kenapa 😥.

3. Kebanyakan Pantangan

Ketimbang HDD, SSD lebih banyak pantangan.. katanya sih buat jaga peformanya 😟, jujur ini mengganggu banget, dimana gw gaboleh inilah, itulah... mau tau apa aja pantangan SSD? disini gw juga mau bahas.

Pantangan Menggunakan SSD

1. Jangan di Defrag

Pantangan ini masuk akal sih, karena struktur SSD sama HDD jelas jauh lebih beda, untuk itu setelah masang SSD gw saranin buat matiin fitur Defrag Otomatis (Terutama Pengguna Windows)

2. SSD Sebagai Primary

Ada beberapa pendapat yang bilang SSD digunakan buat penyimpanan Primary, maksudnya SSD khusus buat nginstal Sistem Operasi doang, sementara Data-data kita lainnya seperti Game, Dokumen, dsb lebih baik disimpan di HDD, 😟 dan HDD disini kita pake sebagai Secondary, hadeh ada ada ae...

3. Gaboleh Digunain Sampe Penuh 

Gue heran sama pantangan ini, tapi entahlah, sebuah situs jelasin kalo SSD Penuh maka peforma akan drastis turun, karna blok-blok yang ada didalam otomatis semuanya terisi sehingga hal itu memperberat proses RW dari SSD tersebut.

4. Jangan Menyimpan File Besar yang jarang diakses

Sebuah situs menjelaskan kalo SSD ga baik buat menyimpan File Besar, selain karena memakan banyak tempat, hal ini sama kaya mengikis peforma dari SSD tersebut.

Dari pantangan diatas mungkin untuk pengguna PC bisa memasang HDD sebagai penyimpanan keduanya, sementara pengguna Leptop gw sarankan buat mempertimbangkan hal-hal tersebut, minimal harus punya HDD External buat menyimpan Data-data gede, Game, dsb.

Kalo mau tau alasan gue pake SSD, ya karna emang niatnya buat jalanin Android Studio dengan lancar, kalo masalah Game gw ga ambil pusing, karena udah jarang main, lagi pula gw gunain HDD External buat nyimpan kedua, sama beberapa layanan Penyimpanan Online kek Onedrive sama Google Drive. Gw masang SSD baru satu bulan yang lalu (terhitung dari artikel ini ditulis).

Mungkin lu punya alasan tersendiri kenapa milih SSD? Sok ceritaken di komentar

Okeh sekian artikel gue tentang Yang Harus Diketahui Sebelum Upgrade SSD, mohon dikoreksi kalo ada beberapa yang salah biar bisa gue perbaiki... sekian dan See ya!

Cari dengan kata-kunci :

  • Pantangan Menggunakan SSD.

  • Yang Tidak Boleh Dilakukan Dengan SSD.

  • Tips Sebelum Upgrade SSD.

  • Hal Yang harus diperhatikan sebelum upgrade SSD.

  • Peforma menggunakan SSD.

Bagikan Ke Temen-Temen mu!

Related

1 Komentar

avatar

Very informative post! There is a lot of information here that can help any business get started with a successful social networking campaign. SSD Vs HDD: Experts Advice, Know The Difference

Balas